Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Terbaru

Surat lamaran kerja merupakan dokumen yang perlu Anda buat saat sudah menemukan posisi potensial di perusahaan. Surat ini berfungsi untuk mengutarakan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Untuk membuatnya, Anda memerlukan contoh surat lamaran kerja terbaru.

Pihak HRD perusahaan akan meninjau surat lamaran kerja. Itu sebabnya surat harus dibuat dengan menarik, efektif, dan berkesan. Jika isi lamaran kerjanya memenuhi aspek tersebut, tentunya Anda akan dipanggil oleh perusahaan untuk melakukan tahap wawancara.

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

1. Buatlah heading surat

Jika memang Anda sudah memiliki pengalaman kerja yang mumpuni sesuai dengan keahlian, maka buatlah heading di lamaran. Heading atau kop terletak di bagian atas surat. Selain nama dan kemampuan ekspert, Anda juga perlu menulis informasi kontak.

Setelah heading, tulislah tanggal surat tersebut dibuat, nama perusahaan tujuan Anda bekerja dan alamatnya. Jika lamaran dibuat di badan email, anda perlu memindahkan bagian heading menjadi di sisi bawah sebagai sebuah signature saja sehingga tidak ganda.

2. Sertakan salam pembuka

Salam pembuka di sini adalah dengan menyapa orang yang akan membaca surat lamaran kerja Anda. Dalam hal ini, orang yang membaca adalah manajer rekrut divisi HRD. Bagian ini menjadi hal yang paling pertama dibaca. Salam pembuka dinilai penting karena menunjukkan kesopanan.

Jika Anda sudah mengetahui nama manajer rekrut, Anda bisa langsung menuliskan namanya. Apabila tidak tahu, Anda bisa menulis jabatannya saja. Kesan yang ditimbulkan adalah rasa hormat kepada atasan dan Anda akan dinilai sebagai orang yang profesional.

3. Cari tahu informasi perusahaan dan posisi

Melamar pekerjaan tidak boleh hanya dengan sekedar mengirim lamaran saja. Anda perlu melakukan peninjauan yang mendalam, baik tentang perusahaan maupun posisi yang ditawarkan. Karena di dalam surat lamaran, Anda harus menunjukkan bahwa tertarik dengan posisi tersebut.

Bagaimana cara Anda mencari tahu tentang hal ini? Kini setiap perusahaan umumnya sudah memiliki website di internet. Buka bagian profil untuk mengetahui seluk beluk perusahaan. Anda juga bisa mengetahui kontaknya di bagian contact us.

4. Gunakan format yang profesional

Ada perusahaan yang meminta lamaran ditulis tangan, namun ada juga yang membolehkan untuk dicetak. Apapun bentuknya, Anda harus tetap menggunakan format yang jelas. Menulis lamaran kerja tentunya berbeda dengan menulis surat lainnya karena harus bersifat menarik.

Jika perusahaan meminta lamaran ditulis tangan, gunakanlah kertas folio bergaris. Kertas tersebut akan membantu tulisan agar rapi dan mudah dibaca. Apabila lamaran diminta agar diketik, maka gunakanlah justify dengan font calibri atau arial berukuran 10-12.

5. Pembukaan surat diisi ketertarikan posisi

Di bagian paragraf pertama, sebutkan lokasi anda melihat lowongan pekerjaan. Hal ini penting untuk menunjukkan apakah anda menggunakan media tersebut atau tidak. Lalu, tuliskan posisi yang anda lamar dan alasan merasa cocok untuk bekerja di posisi tersebut.

Contoh: “Saya melihat lowongan kerja ini di salah satu website cakapinterview.com. Saya sangat tertarik dengan posisi marketing yang ditawarkan. Saya merupakan lulusan ekonomi pembangunan dengan pengalaman kerja selama 2 tahun sebelumnya.”

6. Mencantumkan pengalaman dan kualifikasi

Paragraf dalam surat lamaran juga perlu menonjolkan pengalaman dan kemampuan yang cocok dengan posisi yang dilamar. Sesuaikan kualifikasi tersebut dengan tujuan atau misi dari perusahaan yang dituju. Penjelasan ini merupakan poin penting yang membedakan Anda dengan pelamar lain.

Misalnya jika Anda melamar pekerjaan di bidang pendidikan, Anda bisa menyertakan pengalaman mengajar baik yang dibayar atau tidak. Pengalaman tersebut akan membuat Anda dinilai memiliki dedikasi yang tinggi terutama terkait posisi yang Anda lamar.

7. Sampaikan kepribadian Anda

Sambil menulis lamaran dengan mengikuti contoh surat lamaran kerja terbaru, jangan lupa untuk menyadari beragam aspek termasuk kepribadian Anda. Aspek ini sebaiknya ditulis di dalam lamaran. Kalau Anda tidak tahu, tentunya Anda akan kesulitan dalam menghadapi setiap wawancara.

Setiap posisi pekerjaan biasanya memiliki kebutuhan kepribadian yang berbeda. Ada yang dituntut untuk tegas, ada yang lemah lembut, ada pula yang bekerja secara independen. Nantinya pihak HRD akan menilai apakah kepribadian Anda cocok di posisi yang dilamar atau tidak.

8. Sampaikan bahwa Anda kandidat terbaik

Hal ini sangat penting untuk disampaikan dalam surat lamaran kerja. Sayangnya, banyak orang yang tak menuliskan hal ini. Penyampaian bahwa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut memberi kesan bahwa Anda percaya diri dan siap untuk bekerja di perusahaan.

Bagian ini juga menjadi penyempurna dari penyampaian skill dan pengalaman Anda. Tulislah kalimat yang meyakinkan bahwa HRD harus memilih Anda karena kinerja Anda yang efisien dan memuaskan. Tambahkan bukti terkait seperti portfolio jika ada.

9. Pastikan isinya berbobot dan singkat

Meskipun di surat lamaran Anda sedang seperti bermonolog di jam wawancara, namun tulisan di surat ini tidak bisa terlalu panjang. Pastikan surat yang Anda tulis tidak lebih dari dua halaman. HRD akan malas untuk membacanya jika terlalu bertele-tele.

Yang terpenting dari isi surat lamaran adalah menyertakan posisi pekerjaan yang Anda lamar, alasan Anda ingin bekerja, skill, pengalaman, dan kalimat yang meyakinkan bahwa Anda kandidat terbaik. Sampaikan dengan kalimat yang efektif dan sederhana.

10. Bedakan surat untuk setiap posisi pekerjaan

Anda tak bisa mengirim satu surat untuk banyak lowongan yang berbeda. Isi lamaran merupakan hal yang spesifik mulai dari tanggal, penyebutan perusahaan, hingga posisi yang diinginkan. Pengalaman dan skill yang dijelaskan juga akan berbeda untuk masing-masing pekerjaan.

Inilah yang membedakan lamaran dengan CV. Di CV, mungkin anda bisa menggunakannya untuk banyak lowongan. Sayangnya, Anda perlu selalu membuat lembar surat lamaran yang baru. Sisakan waktu Anda untuk membuat surat dengan bahasa yang baik dan benar.

11. Sampaikan apresiasi

Sebelum Anda menutup surat, Anda perlu menyampaikan apresiasi kepada para HRD yang telah meninjau dan membaca surat Anda. Manajer rekrut yang telah membaca surat telah menyempatkan waktunya untuk membaca apa yang Anda tulis sehingga bagian ini terkesan profesional.

Contoh: “Saya menghargai waktu Bapak/Ibu manajer HRD yang telah menyempatkan waktunya untuk membaca surat lamaran ini. Dari sekian banyaknya lamaran yang masuk, saya bersyukur Anda menyempatkan diri untuk menduga bahwa saya cocok untuk posisi ini.”

12. Penutupan

Banyak orang yang menggunakan penutupan seperti “dengan hormat” atau “hormat saya”. Kedua hal tersebut tidaklah salah karena umum digunakan di lamaran berbahasa Indonesia. Asalkan, Anda mengikuti dengan nama lengkap di bagian bawahnya.

Jika lamarannya dikirim dalam bentuk badan email, sebaiknya Anda menyertakan nama lengkap dan informasi kontak. Sehingga, informasi kontak tak perlu ditulis di bagian atas surat. Penutupan surat menandakan bahwa Anda lah yang menulis sendiri surat lamaran tersebut.

contoh surat lamaran kerja terbaru
Contoh Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja terbaru
Contoh Surat Lamaran Kerja

(Gambar di atas hanya contoh, Anda bisa membuat semenarik mungkin sesuai dengan posisi yang Anda lamar)

Baca juga:

Sesudah mengetahui format dari contoh surat lamaran kerja terbaru, Anda bisa langsung membuat lamaran. Luangkan waktu Anda agar surat dibuat dengan teliti dan rapi. Setelah itu, kirimkan surat lamaran sebelum deadline yang biasanya dicantumkan di lowongan kerja.

Postingan Terbaru

Lowongan Kerja PT Jui Shin Indonesia

Lowongan Kerja PT Jui Shin Indonesia – Semua Jurusan

Lowongan Kerja PT Jui Shin Indonesia - PT. Jui Shin Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri keramik lebih familiar *GARUDA TILE*. Didirikan di...

Lowongan Lainnya:

error: Content is protected !!