Mau Daftar CPNS 2021, Simak Beberapa Persiapan Penting Ini

Persiapan daftar CPNS 2021 perlu Anda perhatikan dengan teliti. Harapannya agar segala tahapan kedepannya dapat dilaksanakan secara tepat dan lancar. Terutama dalam hal melengkapi berkas administrasi karena hal ini seringkali dijumpai adanya ketidaksesuaian atau ketidaklengkapan. Oleh karena itu, persiapkan sekarang juga!

Beberapa Berkas yang Penting untuk Disiapkan saat Daftar CPNS

Setidaknya ada lima dokumen yang wajib untuk Anda siapkan saat diunggah di laman pendaftaran CPNS. Biasanya jumlahnya juga disesuaikan dengan kebijakan masing-masing daerah karena bisa saja berbeda, terutama untuk SKCK, surat keterangan sehat dan lainnya. Berikut kelima diantaranya:

1. Scan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Asli

Kepemilikan KTP ini menandakan bahwa calon peserta sudah memenuhi kriteria umur yang dipersyaratkan. Syarat usianya yakni minimal 18 tahun dimana artinya telah memiliki Kartu Tanda Penduduk sehingga Anda pun harus melakukan scan sebagai salah satu persyaratannya.

Berkas KTP ini bersifat wajib karena Anda juga harus melakukan pengisian Nomor Induk Kependudukan ketika hendak mengunggahnya. Pastikan jika hasil scan sudah benar demi keabsahan dokumen tersebut. Pasalnya nanti di akhir tahapan seleksi CPNS akan diuji kesesuaian atau tidaknya.

2. Scan Ijazah Asli

Baik bagi lulusan SMA maupun perguruan tinggi, harus melengkapi scan ijazah asli ini demi melengkapi persyaratan yang berkaitan dengan nilai. Satu hal tidak boleh dilupakan yakni adanya legalisir dari pihak pembuatnya, baik dari sekolah maupun kampus itu sendiri sehingga bersifat legal dan resmi.

Anda bisa melakukan scan pada ijazah yang sudah memiliki tanda legalisir. Nantinya unggah dengan ukuran dokumen sesuai dengan anjuran. Biasanya tidak boleh lebih dari 1 MB sehingga perlu dikompres terlebih dahulu apabila hasil scan melebihi batas ukuran tersebut sebelum di-upload.

3. Scan Transkrip Nilai

Satu dokumen lain yang juga berkaitan dengan nilai yakni transkrip nilai. Berkas ini tentu berbeda dari ijazah dimana akan menampilkan keseluruhan hasil total nilai selama Anda belajar di sekolah atau perguruan tinggi tersebut. Biasanya persyaratan ini juga memerlukan legalisir dari pihak terkait.

Pastikan bahwa Anda melakukan scan pada dokumen aslinya bukan dari hasil fotocopy-an. Pasalnya hal ini akan dinilai salah sehingga berkaitan dengan ketidaksesuaian dokumen yang sudah berhasil diunggah. Hal ini umumnya penting untuk diperhatikan agar tidak bermasalah di tahap selanjutnya.

4. Scan Pas Foto

Foto yang di-scan tentu harus jelas agar terlihat keseluruhan wajahnya. Biasanya untuk seleksi CPNS ini menggunakan latar belakang berwarna merah sehingga harus diikuti anjuran ini. Sayangnya masih banyak juga calon peserta yang tidak memperhatikannya sehingga mendapati adanya kesalahan.

Kesesuaian foto ini nantinya akan diintegrasi dengan kartu peserta ujian dan juga kartu peserta pendaftaran. Jadi pastikan untuk selalu mengikuti apa yang diminta dari aturan pengunggahan tersebut agar tidak menjumpai hal-hal yang kurang diinginkan selama mengikuti seleksi CPNS ini.

5. Swafoto

Satu hal yang perlu Anda lakukan yakni dengan mengambil foto diri sambil memegang kartu informasi akun dan juga kartu identitas berupa KTP. Umumnya pengambilan ini harus memperlihatkan sampai dengan kedua tangan yang terlihat untuk membawa dua persyaratan tersebut.

Biasanya ada petunjuk untuk setiap tangan harus membawa dokumen dari KTP atau kartu informasi akun. Kartu informasi akun ini akan Anda peroleh setelah melakukan pendaftaran yang nantinya harus dicetak sendiri menggunakan kertas HVS untuk selanjutnya dipegang saat berfoto sebagai tanda bukti.

6. Dokumen Pendukung Lainnya

Jadi ada beberapa daerah atau instansi tertentu yang mengharuskan calon pendaftar untuk melengkapi dokumen pendukung selain kelima berkas di atas. Jadi syarat ini bersifat kondisional sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan saja sesuai dengan kebijakan dan aturan masing-masing pihak terkait.

Biasanya dokumen ini berupa scan sertifikat akreditasi program studi BAN PT, scan sertifikat pendidik asli yang dikeluarkan KemDIKBUD dan KemRISTEKDIKTI atau Kementerian Agama, scan surat tanda register asli bagi pelamar dengan formasi sejenis serta scan surat keterangan sehat dari rumah sakit.

Persiapan Daftar CPNS 2021

Bagi Anda yang sudah yakin dengan kelengkapan administrasi, maka giliran waktunya untuk mempersiapkan mental dan tenaga dalam menghadapi seleksi CPNS di hari H. Hal ini bertujuan agar selama mengikutinya tidak mengalami stress, gangguan tidur atau bahkan grogi berlebihan.

1. Berlatih Soal Sebanyak Mungkin

Calon peserta CPNS sudah seharusnya untuk bisa lebih rajin dalam berlatih soal latihan sebanyak mungkin. Pasalnya setiap tahunnya memiliki pola yang hampir sama sehingga tidak akan berbeda jauh sebagai bahan belajar sebelumnya. Harapannya agar Anda sudah merasa terbiasa mengerjakannya.

Salah satunya dengan mempelajari tes TIU atau Tes Intelegensi Umum. Anda bisa berlatih banyak soal yang berasal dari materi SD, SMP hingga SMA atau bahkan mempelajari terkait sensus. Beberapa diantaranya akan sering mengeluarkan materi berupa deret hitung dan juga sinonim Antonim.

2. Belajar dari Aplikasi CAT dan Buku

Anda bisa menggunakan media apa saja untuk digunakan sebagai belajar. Buku SKD kini sangat bermanfaat dapat digunakan sebagai sarana mempelajari materi SKD karena banyak memberikan soal kemampuan dasar dimana menjadi salah satu tahapan peserta yang paling sering gugur.

Tidak hanya melalui buku, Anda bisa mulai belajar dengan memanfaatkan aplikasi berupa CAT atau Computer Assisted Test. Cara ini lebih direkomendasikan karena sistemnya hampir serupa seperti pada saat pelaksanaan seleksi CPNS nantinya. Harapannya agar sudah terbiasa pada platform ini.

3. Meluangkan Waktu Khusus untuk Belajar Mengerjakan Soal

Meluangkan waktu khusus untuk Anda belajar mempersiapkan tes CPNS ini menjadi kunci utama agar bisa menghadapi berbagai soal dengan lancar. Kabarnya banyak peserta seleksi ini mengalami kegagalan karena tidak niat dan menghabiskan masa luangnya hanya bermain-main.

Anda bisa meluangkan waktu di sela-sela belajar lainnya untuk mengerjakan soal kemampuan dasar setidaknya 5 sampai 10 hari setiap harinya. Khususnya bagi peserta yang sudah bekerja atau lulusan S1 dan S2 dimana kesibukan sudah lebih banyak daripada pelajar SMA.

4. Jangan Tergesa-gesa dan Teliti

Satu hal yang tidak boleh dilupakan yakni bertindak teliti. Artinya Anda memang harus mengerjakan soal dengan dikejar waktu namun bukan artinya terburu-buru sehingga kurang tepat saat menjawab. Tentu hal ini menjadi kesalahan besar dan sudah seharusnya dihindari namun masih saja dilakukan.

Banyak dari peserta seleksi CPNS yang gagal dikarenakan hanya karena mereka kurang teliti. Terutama ketika baru pertama kali mengikuti tes dan merasa grogi sehingga terasa tergesa-gesa untuk segera menyelesaikan semua soal tanpa mengetahui benar atau tidaknya saat dikumpulkan.

Persiapan daftar CPNS 2021 perlu Anda lakukan baik secara administrasi maupun siap mental. Keduanya sama-sama penting untuk dipersiapkan sebelum menghadapi hari H pelaksanaan seleksi tersebut. Pastikan selalu menjaga kesehatan agar fisik tetap terjaga selama mengerjakan soal.

Terbaru

Terkait

error: Content is protected !!