7 Pertanyaan yang sering di Tanyakan oleh HRD Saat Interview Kerja

Mendapat undangan wawancara kerja atau interview kerja adalah kabar yang menggembirakan, apalagi sebagai jobseeker yang masih aktif mencari pekerjaan. Dari puluhan CV yang Anda sebarkan ke email atau portal lowongan kerja akhirnya ada hasil juga, mendapat undangan interview kerja daan Anda pun mendapat pertanyaan interview kerja.

Tetapi perjuangan ini belum selesai sampai di situ, Anda masih harus mengikuti proses seleksi yang ditentukan oleh perusahaan yang Anda lamar, termasuk wawancara/interview kerja dan lain sebagainya.

Agar bisa berjalan dengan lancar saat sesi interview ini, Anda pun harus paham dan tau apa yang harus di lakukan dan salah satunya adalah mengenal pertanyaan yang akan di berikan recruiter atau HRD kepada Anda, berikut beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh HRD saat interview kerja.

7 Pertanyaan yang sering di Tanyakan oleh HRD Saat Interview Kerja

Berikut ada beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh recruiter pada saat sesi interview kerja, semoga dari tips ini bisa membantu Anda yang akan menghadapi undangan wawancara kerja, simak dibawah ini:

1. Ceritakan Tentang diri Anda

Sebenarnya HRD sudah melihat data diri dari CV, tapi karena ini sesi interview. Pertanyaan ini bertujuan menguji kepercayaan diri dan tutur bahasa Anda, apakah memang sesuai dengan yang ada di CV atau tidak. 

Ceritakan secara singkat tentang siapa Anda, mulai dari pendidikan, hobby, pengalaman atau lulusan baru. Hindari mengada-ada atau yang tidak dapat dibuktikan/diverifikasi.

2. Sebutkan Kelebihan dan Beri Tahu kekurangan Anda?

Pilih kata yang mendeskripsikan diri anda, lalu sesuai pekerjaan yang dilamar. Contoh sebagai kasir, seorang kasir harus teliti, jujur, dll.Pastikan kelebihan tersebut sesuai dengan karakter Anda sesungguhnya. 

Untuk kelemahan sebaiknya ceritakan apa kelemahan Anda dan bagaimana cara mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya saya lemah dalam menghitung, tetapi saya sedang memperdalam mengenai program komputer yang digunakan untuk menghitung dengan cepat.

3. Apa yg kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Jangan sampai Anda tidak tau sama sekali seputar Perusahaan yang akan kamu hadiri. Anda bisa gogling cari tau Perusahaan bergerak di bidang apa, kapan berdirinya, apa produknya, dll.

Pastikan fokus pada hal positif perusahaan yang Anda lamar. Hindari mengada – ada. Tunjukan bahwa perusahaan yang sedang Anda dilamar saat ini memiliki keunggulan yang membuat Anda bangga dan tertarik bekerja disitu.

4. Prestasi apa yang pernah Anda diraih?

Ceritakan prestasi yang pernah Anda raih di waktu masa sekolah atau di luar sekolah. Bisa kegiatan organisasi dll.

5. Apa Rencana Anda dalam 5 Tahun ke depan?

Berikan jawaban apa target yang ingin Anda capai dalam 5 tahun kedepan jika bekerja di perusahaan tersebut, dan kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan tersebut.

Hindari menjawab asal – asalan seperti, “Saya tidak tahu” atau hanya menceritakan target pribadi saja, karena tujuan pertanyaan itu bukan untuk masalah pribadi

6. Berapa Gaji yang Anda diinginkan?

Sebelum kamu menjawab pertanyaan seputar gaji ini, Anda harus cari tahu informasi seputar gaji pada posisi yang saat ini kamu lamar, di internet biasanya banyak, tinggal sesuaikan saja.

Hindari menjawab sesuai dengan kebijakan perusahaan, jika kebijakan perusahaan hanya bayar gaji Anda 900 ribu sebulan apakah mau? Lebih baik berikan jawaban nominal angka, misal: Saya ingin Gaji 3 juta rupiah, karena saya sudah hitung untuk keperluan biaya hidup saya dan trasportasi dll, selama bekerja di perusahaan ini, dengan minimal di angka segitu.

Sebutkan nominal angkanya dan berikan alasannya kenapa Anda menginginkan gaji di angka itu.

Baca juga: Cara Melamar Kerja Online Agar Lamaran Kamu Tidak Sia-sia

7. Apakah ada Pertanayan? / Apa ada yang ingin Anda tanyakan?

Berikan pertanyaan yang memang ingin Anda ketahui jawabannya, selain itu hal ini juga dapat menunjukan ketertarikan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Misalkan, bagaimana budaya perusahaan” dll.

Baca juga: 10 Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Benar

Itulah 7 pertanyaan umum yang sering di tanyakan oleh HRD saat sesi interview kerja. Ada baiknya jika esok mau menghadiri undangan wawancara kerja kamu bisa perisapakan dari rumah, apa saja yang perlu Anda cari tau, mulai dari seputar perusahaan dll.

Postingan Terbaru

Lowongan Kerja PT Jui Shin Indonesia

Lowongan Kerja PT Jui Shin Indonesia – Semua Jurusan

Lowongan Kerja PT Jui Shin Indonesia - PT. Jui Shin Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri keramik lebih familiar *GARUDA TILE*. Didirikan di...

Lowongan Lainnya

error: Content is protected !!