Penerimaan Taruna-Taruni Perguruan Tinggi Kedinasan Tahun 2019

KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA
DAN REFORMASI BIROKRASI
REPUBLIK INDONESIA

Penerimaan Calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni
Pada Kementerian/Lembaga yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan
Tahun 2019

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberitahukan kepada Putra-Putri terbaik lulusan SMU atau sederajat, bahwa:

  • Pada Tahun Anggaran 2019 akan dibuka penerimaan Calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan, sebagai berikut:

    - Kemenkeu/PKN STAN (Jumlah yang diterima 3000)
    - Kemendagri/PDN (Jumlah yang diterima 1700)
    - BSSN/STSN (Jumlah yang diterima 100)
    - Kemenkumham/POLTEKIP dan POLTEKIM (Jumlah yang diterima 600)
    - BIN/STIN (Jumlah yang diterima 250)
    - BPS/POLITEKNIK STATISTIKA STIS (Jumlah yang diterima 600)
    - BMKG/STMKG (Jumlah yang diterima 250)
    - Kemenhub/ 11 SEKOLAH TINGGI, POLTEK, dan AKADEMI (Jumlah yang diterima 2676)

  • Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal http://sscasn.bkn.go.id sesuai dengan penjadwalan tersebut pada angka 1 (satu)
  • Calon peserta hanya boleh mendaftar di salah satu program studi dari 8 (delapan) Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan sebagaimana tersebut pada angka 1 (satu). Apabila mendaftar di 2 (dua) program studi atau lebih, maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur.
  • Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian/Lembaga. Salah satu tahapan seleksi adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga.
  • Biaya pendaftaran dan biaya seleksi SKD lebih lanjut oleh masing-masing Kementerian/Lembaga sesuai ketentuan peraturan perundangan-undangan.
  • Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi.
  • Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan Kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintahan Daerah (yang melakukan pola pembibitan pada Kementerian Perhubungan) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

Waktu Pendaftaran 9 s/d 30 April 2019

Selain itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang dikaitkan dengan proses penerimaan Siswa-Siswi/Taruna-Taruni tersebut. Tidak ada satu orang atau pihak manapun yanmg dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu

[SUMBER]