7 HAL yang di Nlai saat Wawancara Kerja

1. Kompetensi

  • Kompetensi dilihat dari pendidikan yang ditempuh, pengalaman kerja jika ada dan skill yang dimiliki. Apakah latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja telah sesuai dengan kualifikasi yang menjadi persyaratan? Jika ya, maka kesempatan Anda akan lebih terbuka.

2. Karakter

  • Karakter seseorang sangat menentukan apakah seseorang layak diterima ke dalam sebuah perusahaan atau tidak. Untuk karakter dan kepribadian ini, penilaian akan dilakukan sesuai dengan posisi yang diinginkan.

3. Attitude

  • Saat melakukan wawancara, sikap sopan dan ramah juga menjadi penilaian tersendiri. Setiap pewawancara akan melihat setiap gerak gerik yang Anda lakukan, oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menjaga perilaku Anda dan terbuka untuk semua kemungkinan. Jangan pernah lupakan poin ini dalam list hal yang dinilai saat wawancara kerja.

4. Grooming

  • Kesan pertama saat bertemu dengan orang baru pasti berawal dari penampilan. Untuk itu gunakan pakaian yang pantas dan rapi agar terlihat lebih profesional. Dengan penampilan yang profesional, maka penilaian terhadap diri Anda akan meningkat dengan sendirinya.

5. Komunikasi

  • Saat berbicara dengan pewawancara, perhatikan gaya bicara Anda. Intonasi dan volume suara juga harus jelas dan yakin dengan apa yang Anda katakan. Bagi seorang pewawancara, cara berkomunikasi sesorang bisa menunjukkan karakter seseorang juga, sehingga pastikan cara komunikasi Anda harus jelas dan tegas.

6. Experience

  • Jika Anda pernah memiliki pengalaman sebelumnya, ceritakan tentang pekerjaan Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Jika pengalaman kerja sesuai kualifikasi yang diharapkan user, maka kesempatan Anda untuk diterima kerja akan terbuka lebih lebar.

7. Antusiasme

  • Pembawaan Anda saat wawancara kerja dapat menunjukkan ketertarikan Anda terhadap perusahaan serta posisi yang Anda harapkan. Dengan antusiasme yang tinggi ditambah dengan pengetahuan tentang perusahaan, akan memberikan nilai lebih mengapa pewawancara harus memilih Anda dibandingkan dengan kandidat lain.

Semoga Bermanfaat! Jangan lupa dishare..

Baca Juga :
5 Kesalahan Yang Harus Dihndari Pada Saat Interview Kerja