8 Hal Yang Perlu Anda Pelajari Sebelum Interview

      Komentar Dinonaktifkan pada 8 Hal Yang Perlu Anda Pelajari Sebelum Interview

Setelah surat lamaran kerja diserahkan, kemudian kita dipanggil untuk mengikuti serangkaian tes diantaranya yaitu tes wawancara kerja.


botton-ckp1Wawancara kerja merupakan langkah penting agar kita bisa diterima kerja ditempat yang kita idamkan.
Gugup atau grogi dan rasa berdebar-debar ketika akan menghadipi tes wawancara kerja untuk pertama kalinya itu wajar-wajar saja.

berikut tips yang bisa dilakukan dalam persiapan menghadapi tes wawancara kerja supaya tidak grogi dan kita merasa lebih percaya diri.

 

 

 

Berikut yang harus di persiapakan :

1. Persiapkan dengan matang

Kurangnya persiapan dalam menghadapi tes wawancara kerja bisa menjadi penyebab grogi, gugup dan  kurangnya percaya diri. Luangkan waktu persiapan wawancara secara matang untuk mempelajari tentang dan latar belakang perusahaan tersebut, pahami resume dan CV pada surat lamaran yang pernah di ajukan, apa motivasi yang akan anda lakukan untuk memajukan perusahan tersebut.

2. Latihan Berbicara dan Kontak Mata

Ketika wawancara, harus di jawab dengan jujur, suara jelas dan terdengar dengan penuh optimis perhatikan juga  kontak mata kepada si pewawancara. Berani memberikan kontak mata mengesankan bahwa Anda orang yang percaya diri. Sebelum interview, latih kontak mata dengan teman anda atau anggota keluarga.

3. Datang lebih awal sesuai undangan

Datanglah lebih awal itu menandakan bahwa sobat-sobat mempunyai disiplin yang tinggi, jagan sampai terlambat. Datang terlambat menandakan bahwa anda indisipliner kurang bertanggung jawab, dan tidak serius dalam melamar pekerjaan.

4. Tidur yang Cukup

Tidurlah yang cukup sebelum wawancara sehingga bisa bangun pagi dan tidak terambat ke tempat wawancara. Menurut pakar kesehatan, tidur cukup yang berkualitas bantu tingkatkan konsentrasi dan percaya diri saat interview.

5. Sarapan

Sarapan penting. Jagan sampai perut kosong sebelum wawancara karena akan mengurangi semangat dan konsentrasi ketika wawancara nanti.

 
6. Membawa perlengkapan yang harus di bawa saat wawancara.

Jangan sampai data-data dan barang-barang yang harus di bawa jangan sampai tertinggal.

    
7. Tarik Napas Dalam dan berdoa

Saat tiba di tempat wawancara, denyut jantung biasanya meningkat ke tingkat yang tidak normal. Cara mengatasinya,  mengambil napas dalam-dalam disertai dengan doa sehingga wawancara ini lulus dan bisa diterima dengan baik.

8. Persiapkan Jawaban

Saat pewawancara bertanya, Anda mungkin merasa gugup dan menjawab dengan terbata-bata atau dengan kalimat pembuka seperti ’emm…’ yang mengesankan bahwa Anda tak siap. Sebaiknya, cerna pertanyaan kurang dari 10 detik dan baru menjawabnya, jawablah dengan relex, tenang dan penuh percaya diri, Atau bisa pelajari Kunci Jawaban Interview

Terimakasih semoga bermanfaat.

 

 

 

 

[maxbutton id=”2″]